Tips Merawat Kamera dan Lensa

Kamera plus perlengkapannya merupakan aset yang berharga bagi kebanyakan orang. Minimal pada saat-saat tertentu ia begitu terasa penting. Misalnya pada saat ngumpul, liburan, event-event keluarga dan banyak lagi. Tetapi, walaupun biasanya sudah diinformasikan di buku manual, kegiatan perawatan kamera sering terabaikan. Nah, mudah-mudahan tips berikut kembali mengingatkan beberapa hal penting dalam merawat kamera kesayangan anda plus perlengkapannya.
  • Usahakan kamera disimpan di tempat yang kering (bila perlu tempat yang kedap dan ditambah dengan silica gel). hal ini diperlukan agar lensa kamera kita tidak menjadi sarang jamur yang dapat mengurangi kualitas gambar dari lensa kita. Cara paling mudah adalah dimasukan ke dalam kantong plastik yang cukup tebal dan ditambah silica gel lalu diikat serapat-rapatnya menggunakan karet gelang atau tali.
  • Jangan sekali-kali menaruh kamera&lensa dalam lemari pakaian yang di dalamnya terdapat kapur barus. Ingat kapur barus adalah musuh lensa. Karena ia dapat merusak coating di permukaan lensa kita.
  • Bersihkan lensa kamera menggunakan tissue khusus untul lensa atau kuas pembersih lensa.
  • Sangat disarankan anda memiliki kuas kecil plus blower manual untuk menghilangkan debu-debu yang ada disela-sela bodi kamera atau lensa.
  • Cabut semua baterai ketika kamera tidak digunakan (atau akan disimpan)
  • Ketika anda selesai motret di area pantai atau laut. Pastikan setelah itu seluruh bodi kamera dan perlengkapannya anda bilas dengan tissue yang sudah dibasahi tipis oleh air mineral untuk menghilangkan uap garam yang menempel. setelah itu keringkan segera dengan tissue. Ulangi sekali kalau anda belum yakin semua garam-garaman sudah hilang, terutama untuk bagian kamera yang terbuat dari bahan dasar metal.
  • Hindari melakukan transfer file-2 foto anda langsung dari kamera ke komputer. Cabut media penyimpan dari kamera anda, dan gunakan card reader untuk mentransfernya. Hal ini dilakukan untuk menghindari segala kemungkinan yang dapat membahayakan “sistem komputer” kamera anda.
  • Jangan perbaiki sendiri kerusakan kamera anda. Lebih aman perbaiki ke dealer resmi kamera anda.
  • Kamera jangan terlalu lama di simpan. Karena mubazir…buat apa beli kamera kalau tidak dipakai-pakai…he..he..he
Source
Tips Merawat Kamera dan Lensa Tips Merawat Kamera dan Lensa Reviewed by Endi on 5/04/2010 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.