West Kowloon Cultural District, Kawasan Terpadu Dengan Taman Kota Bebas Karbon Hong Kong

Foster + Partners baru saja memperlihatkan rencana taman kota seluas 56 acre (sekitar 0,22 km²) di daerah reklamasi Hong Kong. Dirancang sebagai wilayah bebas karbon, West Kowloon Cultural District akan menyatu dengan alami dengan jalan-jalan yang sudah ada dan menciptakan kawasan hijau yang luas dan 17 pusat budaya. Fasilitas-fasilitas multi fungsi, jalur-jalur transportasi umum, desain yang energi efisien dan menghasilkan energi yang bisa diperbaharui akan membuat taman kota ini menjadi tujuan wisata utama Hong Kong.

Seluruh wilayah ini akan ditinggikan 3 meter di atas ketinggiannya sekarang untuk mengakomodasi infrastruktur baru di atasnya. Jalan-jalan, tempat parkir, fasilitas dan jalur-jalur transportasi umum sebagian besar akan ditempatkan di bawah untuk meningkatkan ukuran kawasan hijau di atasnya. Pusat kebudayaan baru akan terdiri dari fasilitas-fasilitas yang luar biasa seperti Great Opera House, M+ (museum seni modern), gedung konser, arena dengan 15 ribu tempat duduk dengan sebuah pusat expo di bawahnya. Kawasan ini juga akan memiliki fasilitas-fasilitas pendidikan kesenian, apartemen, kantor, toko dan waterfront promenade dengan pemandangan langit Hong Kong yang indah.

Rancangan ini berfokus menghubungkan antara jalur-jalur transportasi yang sudah ada dengan kawasan seni yang baru. Strategi-strategi transportasi termasuk stasiun metro yang baru, kawasan pejalan kaki, kapal feri dan armada minibus ramah lingkungan di dalam kawasan itu. Taman kota ini didesain untuk mencapai keadaan bebas karbon lewat gedung-gedung yang sangat efisien dan infrastruktur yang hemat energi. Desain hemat energi ini termasuk pendingin/pemanas kawasan ini, pengolahan air limbah, sistem pemulihan energi untuk selokan, daur ulang, pembangkit listrik tenaga limbah dan perlengkapan untuk energi matahari dan angin.

Foster + Partners mengalahkan tiga perusahaan lain untuk memenangkan kompetisi mendesain masterplan ini. Proposal masterplan mereka untuk West Kowloon Cultural District sekarang akan dipamerkan di Hong Kong Convention Centre sampai Desember 2010. Pendapat publik akan dijadikan pertimbangkan sebelum masterplan final diimplementasikan. Sudah saatnya Jakarta memerlukan kawasan seperti ini. Kawasan yang asri dipadukan dengan perkantoran yang ramah lingkungan ditambah transportasi umum yang layak, aman dan memadai.
 
 

 
West Kowloon Cultural District, Kawasan Terpadu Dengan Taman Kota Bebas Karbon Hong Kong West Kowloon Cultural District, Kawasan Terpadu Dengan Taman Kota Bebas Karbon Hong Kong Reviewed by Endi on 10/22/2010 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.