Dry Box Buatan Sendiri

Kali ini gw posting mengenai cara bikin dry box sederhana, hasil prakarya sendiri setelah browsing di internetbig grin.
Berhubung sekarang gw udah punya DSLR sendiri (hasil jerih payah nabungcool dan cari kerja part time sana sinicrying), katanya kamera DSLR itu rentan terhadap jamur, lensa pada khususnya. Cuaca Indonesia emang sangat memungkinkan untuk tumbuh kembangnya jamur lebih intens di alat-alat elektronik kitanerd. Nah, karena ga mw kamera kesayangan 'dihinggapi' sesuatu yang ga diinginkan, gw coba-cobalah bikin dry box sendiri.

Pertama hal yg perlu disiapkan adalah box plastik, untuk hal ini gw pilih Lion Star "klip to Keep" karena udah ada seal karet sehingga ga usah repot buat mikirin apa udah tepat atau belum box yg dibeli. Seal karet ini tentu sangat berguna untuk ngejamin box yg ada itu rapat / kedap udara atau nggak. Kemarin gw belinya di Carrefour Amplaz, Jogja. Hargnya klo ga salah 70 ribuan. Gw pilih yg ukuran 10,2 L karena emg perlengkapan kamera yg gw punya cuma kamera dan kitnya aja (mudah-mudahan tar bisa beli lensa tambahan dan flashberdoa).......amiiieen

 Yang kedua gw siapin yang namanya Hygrometer, alat untuk ngukur kelembapan suhu. Hygrometer berguna banget buat mastiin kamera kita udah berada dalam suhu yg benar apa belum. Karena jika suhunya terlalu lembab maka jamur akan mudah tumbuh, dan jika suhu terlalu tinggi bisa mengakibatkan karet pada lensa bermasalah (tetapi hal ini udah ga berlaku untuk kamera keluaran terbaru. Daripada kenapa-kenapa mending jaga-jaga aja (antisipasi), gw biasanya taruh dalam range 40-60.
Hygrometer ini gw beli dari JFB Kaskus karena setelah gw cari muter-muter di Jogja ga nemuworried, untungnya pas beli di Kaskus dpt harga diskon pulabig grin

 Selanjutnya gw siapin "Silica Gel", zat kimia yg berfungsi untuk menyerap udara. Warnanya biru dan bentuknya bulet kecil-kecil. Klo udah dipake dia akan berubah warna jadi pink.
Silica Gel gw juga beli di FJB Kaskus, sekalian waktu gw beli Hygrometer. Harganya dikisaran 40-50 ribu per-kg nya. Biasanya Silica Gel dijual dengan plastik seal yang kedap udara yg ukuran 1kg, namun untuk digunain di Dry Box kita perlu tambahan plastik kecil-kecil lagi. 
Setelah kita masukin Silica Gelnya ke plastik yg kecil-kecil, plastiknya dilubangin biar Silica Gel tadi bisa nyerap udara.

Yang terakhir gw cari spon lembut sebagai alas, biar kamera ga langsung nempel di dasar Dry Box. Ga ngaruh sih, tapi jaga-jaga aja, sekalian biar kameranya ngerasa nyaman di rumah barutongue
Spon ini gw nemu di salah satu kotak alat komputer gw, lumayan ga usah keluar duitsmug.  Selain spon, alternatif lain yg bisa digunain bisa juga plastik yg ada tempat angin bulet-bulet yg sering buat ngebungkus alat-alat elektronik (gw lupa namanyawhew!), yg penting lembut dan bisa ngehindari kamera dari gores klo-klo Dry Box nya keguncang.

Akhirnya jadi juga Dry Box home made gwmenari, lumayan menghemat kantong juga karena total yg gw habisin untuk semuanya sekitar Rp.150-ribuan. Dry Box asli yg gw liat untuk ukuran small aj harganya ampe 350 ribuan, lumayan banget kan buat ditabung uangnyabig grin

Semoga postingan ini bermanfaat happy
Dry Box Buatan Sendiri Dry Box Buatan Sendiri Reviewed by Endi on 12/11/2010 Rating: 5

5 comments:

  1. bro ada nomor hape buat beli silica gel sama hygrometer kaga?

    ReplyDelete
  2. Kreatif sekali gan,, semoga ilmunya bermanfaat dan barokah amin

    ReplyDelete
  3. Ane juga buat kaya gitu gan. Tapi tetep jamuran tuh gara2 gk pake hygrometer dan kagak tau kelembaban udara dalemnya...

    ReplyDelete
  4. Bro.. minta kontak penjual silica sm hygronya dong..

    ReplyDelete
  5. Bro.. minta kontak penjual silica sm hygronya dong..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.