Tol Semarang Salah Perencanaan???

SEMARANG, KOMPAS.com — Amblesnya ruas tol baru Semarang-Solo di seksi I ruas Gedawang Susukan di Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah, memancing reaksi Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo. Dalam pidatonya di Sidang Paripurna DPRD Jawa Tengah, Selasa (8/3/2011), Bibit curhat kepada para anggota DPRD.

Menurut Bibit, proses pembangunan jalan tol tersebut sejak awal sudah salah perencanaan. "Sejak awal perencanaan pembangunan jalan tol itu sudah salah. Awit mbiyen kok mung diurag-urug wae (Dari dulu kok cuma ditimbun-timbun saja). Jelas ambrol," kata Bibit saat pidato.

Amblesnya badan jalan di km 5+600 itu menimbulkan keretakan di tengah badan jalan tol, yang baru dinyatakan selesai secara konstruksi Minggu (27 Februari 2011) lalu. Usai sidang paripurna, Bibit Waluyo menyebutkan bahwa kesalahan perencanaan dan konstruksi itu dilakukan oleh pelaksana proyek.
"Hari ini Dinas Bina Marga ke Jakarta untuk berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum. Embuh dipanggil embuh ora (Tidak tahu dipanggil atau tidak)," kata Bibit Waluyo.

Di lapangan, ruas jalan yang ambles tersebut saat ini dijaga sejumlah orang yang langsung mengusir siapa pun yang mendekat. Amblesnya jalan tol ini merupakan peristiwa yang kesekian kalinya. Pihak pelaksana juga sudah melakukan upaya dengan memasang boor pile atau tiang pancang untuk menahan amblesnya tanah.

Menurut Ir Dwiyanto, anggota Dewan Riset Daerah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah seharusnya sudah memperkirakan kejadian itu karena hasil kajian DRD, penggunaan boor pile memang tidak sesuai dengan situasi tanah yang labil. "Sebenarnya perlu dicoba dengan teknik grouting, yakni menyuntikkan semen ke dalam tanah untuk memperkeras tanah," kata Dwiyanto saat dihubungi via ponsel.

Dalam peta daerah rawan bencana yang dikeluarkan Pemerintah Kota Semarang, kawasan Gedawang yang dilalui ruas tol itu merupakan daerah patahan yang tingkat longsornya tinggi.

 Source: Kompas.com
Tol Semarang Salah Perencanaan??? Tol Semarang Salah Perencanaan??? Reviewed by Endi on 3/08/2011 Rating: 5

1 comment:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.cc

    ReplyDelete

Powered by Blogger.