Alunan Angklung Symphony No. 1 Pukau Ribuan Warga Wina

Alunan Symphony No. 1 (flat major, 3rd Movement Scherzo (molto vivace) Op. 38 karya Schuman dari orkestra angklung yang dibawakan dengan apik oleh Keluarga Paduan Angklung (KPA) SMA Negeri 3 Bandung memukau kurang lebih 2000 hadirin. Orkestra tersebut mengalun dalam acara Gala Winners Concert  di Golden Hall Musikverein Wina (6/7).
 
Penampilan KPA 3 Bandung patut dibanggakan. Untuk tampil dalam gala concert tersebut, peserta harus memenangkan kompetisi yang terdiri dari berbagai kategori. KPA 3 Bandung merupakan pemenang kategori khusus (winner of the special award of the Summa Cum Laude Festival). Penampilan mereka di Wina tersebut merupakan bagian dari rangkaian tour Eropa 2010 di Slovenia, Austria dan Spanyol. 
 
Dalam siaran pers KBRI Wina hari ini (7/7) dijelaskan bahwa KPA 3 Bandung terdiri dari 37 personil. Sebagian besar  anggotanya adalah murid SMAN 3 Bandung dan beberapa orang mahasiswa alumni SMA 3. Mereka berpartisipasi dalam Festival di Wina dari tanggal 4-6 Juli 2010.
 
KBRI mencatat bahwa penampilan KPA SMAN 3 Bandung dalam Festival ini telah membuat catatan sejarah kelompok musik tradisional Indonesia yang pertama kali tampil di Golden Hall Musikverein Wina. Musikverein Wina merupakan satu di antara concert hall yang terbaik di dunia. Sedangkan Gala Winners Concert  adalah rangkaian “Summa Cum Laude International Youth  Music Festival“ sebuah ajang kompetisi internasional tahunan bergengsi bagi musisi-musisi muda beraliran klasik dari berbagai belahan dunia.
 
Dengan kostum yang menunjukkan keragaman budaya Indonesia, mereka tampil di antara sebelas peserta yang mendapatkan kesempatan berharga ini.  Tercatat 23 kelompok musik yang berpartisipasi dalam festival tahun ini di antaranya  adalah kelompok musik asal China, Philipina,  Irak, Australia, Ukraina,  Laos, Jerman, Polandia, Belanda dan Swiss.
  
KPA 3 Bandung merupakan kelompok pelajar yang giat melestarikan dan mengembangkan kesenian dan kebudayaan Indonesia terutama tari-tarian tradisional dan angklung. Selama beberapa tahun terakhir, kelompok ini telah mencatat prestasi berhasil “go international” dengan secara berkala mengikuti pementasan kesenian dan festival musik internasional di berbagai negara.
 
Setelah tampil di Slovenia dan Austria, mereka akan melanjukan perjalanan menuju Spanyol untuk mengikuti Festival Musik Rakyat di Spanyol. (sumber: KBRI Wina)

Source
Alunan Angklung Symphony No. 1 Pukau Ribuan Warga Wina Alunan Angklung Symphony No. 1 Pukau Ribuan Warga Wina Reviewed by Endi on 7/07/2010 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.